Permintaan Hewan Qurban Meningkat

Blangpidie — Permintaan hewan kurban di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjelang hari raya Idul Adha 1433 H meningkat tajam. Akibatnya, harga hewan kurban seperti kerbau, lembu dan kambing juga naik.

Harga hewan kurban seperti kerbau dan lembu mengalami kenaikan yang signifikan yaitu mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta rupiah per ekor.

Sedangkan hewan kurban jenis kambing mengalami kenaikan harga mencapai Rp500 ribu hingga Rp600 ribu per ekor.

Kenaikan harga hewan tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat, sehingga mengakibatkan melonjaknya pada harga hewan.

Seorang pedagang, Sidang, Rabu (24/10) mengatakan, kenaikan harga itu sudah berlangsung beberapa hari terakhir.

Dikatakan, umumnya hewan kurban seperti kerbau dan lembu didatangkan dari luar Abdya. Ini karena harganya lebih murah dibandingkan harga hewan kurban dari lokal.

Sawijal, penduduk Kecamatan Susoh yang memesan lembu di Kota Fajar, Aceh Selatan untuk kebutuhan kurban mengatakan, rata-rata harga hewan kurban mengalami kenaikan harga.

Disebutkan, harga lembu mencapai Rp8 juta hingga Rp9 juta/ekor, sedangkan harga kerbau mencapai harga Rp12 juta hingga Rp16 juta per ekor.

Hewan kurban yang diperjualbelikan tersebut rata-rata berumur di atas empat tahun serta dalam keadaan sehat tanpa cacat sedikitpun.

Ditambahkan, kenaikan harga kerbau dan lembu itu, selain meningkatkannya permintaan masyarakat juga akibat minimnya pasokan hewan kurban dari dalam daerah. (analisadaily.com)

Saling berbagi

PinIt

Tinggalkan Balasan