Cita Rasa Masakan Bebek Gampong Turam

Seporsi sie itek Gampong Turam dengan cita rasa khas Aceh Besar (Foto Aulia Fitri)Bicara tentang kuliner kalau ke Aceh itu pasti tak habisnya. Apalagi untuk menikmati makanan khas masing-masing daerah di Aceh pasti punya kesan tersendiri.

Kari sie itek (bebek) Gampong Turam, Peukan Biluy, Kabupaten Aceh Besar mungkin bisa jadi salah pilihan untuk menikmati kuliner ala Aceh Rayeuk tersebut.

Pasalnya, masakan bebek dari gampong Turam ini memang tidak ada nama resmi, malah bagi sebagian pelancong yang ingin menikmati sie itek ini sering menyebut dengan “bebek kuntilanak”. Bukan tanpa alasan, karena untuk menemukan kuliner yang satu ini hanya ada pada malam hari di desa setempat.

“Ayah”, itulah sebutan juru kunci pemilik kuliner sie itek yang hanya buka di malam hari tersebut dari pukul 19.00 WIB sampai menjelang larut malam sekitar pukul 3.00 WIB pagi dan itu pun jika masih tersisa, kadang bisa lebih awal tutupnya.

Maka tidak heran kuliner dengan aroma u teulheu/u neulheu (kelapa gonseng gilingan) ini bisa mendapat julukan bebek kuntilanak. Pasalnya cuma ada di malam hari dan lorong masuk ke rumah si Ayah terkenal cukup seram alias gelap, jadi ada baiknya Anda pergi tidak sendirian, bisa-bisa disambet kunti benaran kesasar.

Gampong Turam, mukim Darul Kamal merupakan salah satu daerah bersejarah para raja-raja ini tidak begitu jauh dari kota Banda Aceh. Anda bisa menempuhnya sekitar 10-15 menit menuju ke lokasi sekitar tempat kuliner Peukan Biluy.

Harga satu piring plus nasi terbilang murah dan meriah. Tapi tunggu dulu, Anda jangan membayangkan tempat ini seperti sebuah warung makan apalagi resto atau cafe, melainkan hanya sebuah rumah warga biasa dengan suasana asli kampung.

Disini kita akan dijamu layaknya bertamu ke rumah seseorang, hitung-hitung Anda bersilaturahmi begitulah suasana untuk menikmati saboh ceupe sie itek (satu piring bebek) dengan beralaskan tikar ala kadar.

Menariknya kuliner ke kampung-kampung seperti ini juga bisa jadi ajang saling berkomunikasi dan berinteraksi bersama masyarakat setempat. Apalagi jika pada jam-jam makan malam, rasanya seperti dinner bersama saudara sekampung.

Menikmati kuliner bebek memang tidak sembarangan, padanan rasa dan aroma memang selalu menjadi daya tarik tersendiri.

Jadi, jika Anda sempat ke Banda Aceh jangan lupa untuk mampir ke Gampong Turam ya dan menikmati sensasi sie itek alias bebek kuntilanak ini. Selamat berjelajah di gampong para raja, Aceh besar.[]

Saling berbagi

PinIt
ads blogstockphoto

Tinggalkan Balasan