Sebanyak 55 Musisi Ramaikan Sabang Jazz Festival

Steve Thornton memainakn saxophone (freeportjazz.com)Banda Aceh — Sebanyak 55 musisi dalam dan luar negeri akan ramaikan gelaran musik jazz, Sabang Jazz Festival yang pertama digelar di Kota Sabang, Provinsi Aceh, Sabtu (22/12) besok.

“Kebangaaan bagi kami bisa tampil di Aceh untuk menghibur masyarakat khususnya penikmat musik jazz melalui kegiatan bertaraf internasional ini,” kata musisi Jazz Dwiki Dharmawan di Banda Aceh, Jumat (21/12).

Dikatakannya, musisi Sabang Jazz Festival itu akan berkolaborasi dengan “rapai” yang merupakan salah satu alat musik tradisional Aceh, dan musisi lokal Rafli Kande.

Menurut Dwiki Dharmawan, pada Sabang Jazz Festival 2012 tersebut juga akan tampil Farid RM, Ita Purnama Sari, serta sejumlah nama lainnya yang cukup terkanal seperti Steve Thornton, Ron Reeves, dan Naseem Nahid (mantan anggota grup musik Debu).

Keikutsertaan musisi lokal seperti Rafli Kande dengan alat musik tradisional rapai itu bertujuan salah satu upaya mengangkat musisi lokal sekaligus memperkenalkan potensi daerah ke mancanegara, kata Dwiki Dharmawan.

“Kami berharap mungkin nanti di Aceh akan lahir RapaiJazz. Kami juga telah melakukan kegiatan serupa di sejumlah provinsi di Tanah Air yang berkolaborasi dengan musik/musisi tradisional,” kata dia menambahkan.

Sementara itu bidang promosi pariwisata wilayah Sumatera pada Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Raseno Aria, tujuan dari Sabang Jazz festival 2012 ini sebagai upaya pemerintah mengembangkan ekonomi kreatif selain juga promosi potensi wisata.

“Sisi lain yang terpenting dari festival ini adalah mengangkat kekayaan alam dan kearifan budaya lokal khususnya di Aceh. Kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata dia menambahkan.

Menurut dia, potensi pariwisata Kota Sabang dengan keindahan eksotis alamnya dimasa mendatang diharapkan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan mancanegara.

Karena itu, Raseno menjelaskan Kementeriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif perlu menggagas sebuah event yang pertama kali digelar ke Sabang, dengan harapan dimasa mendatang bisa menjadi agenda tahunan dalam upaya promosi potensi wisata wilayah ini.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Raza Pahlevi, mengatakan pihaknya siap mengkampanyekan Sabang Jazz festival yang berkolaborasi dengan musisi lokal Rafli Kande dan alat masik tradisional Aceh Rapai.

“Kami meyakini banyak pecinta musik Jazz di Aceh karena musik ini lebih mendidik, apalagi tidak mustahil berkolaborasi dengan musisi lokal Rafli Kande dan alat musik tradisional rapai,” kata Reza menambahkan. (ant)

Saling berbagi

PinIt
ads blogstockphoto

Tinggalkan Balasan