Kebijakan Baru dari Instagram Rugikan Fotografer

Instagram foto (slate.com)Jakarta — Situs jejaring sosial berbasis foto Instagram menuai kontroversi. Instagram berencana menjual foto yang di-upload oleh para penggunanya dengan hak penuh. Inilah yang membuat para fotografer profesional gusar.

Isu ini membuat para fotografer di dunia maya melancarkan protesnya. Mereka merasa hasil kerja dan hak cipta mereka terhadap foto bisa dimanfaatkan secara gratis oleh Instagram, lewat syarat dan ketentuan yang baru.

Wajar saja kalau media besar yang mempunyai akun Instagram seperti Time, National Geographic dan New York Times merasa gusar. Dalam aksinya mereka protes agar kebijakan tersebut diubah.

Dilansir dari Time, Kamis (20/12), banyak para fotografer atau media massa ini memilih Instagram karena aplikasi yang tidak terlalu rumit, antarmuka terpadu dan intuitif.

Saat ini mereka merasa menggunakan Instagram untuk tujuan kreatif dan bahkan profesional, namun mereka mulai was-was dan terbesit pertanyaan tentang kepemilikan, hak milik dan profitabilitas dari foto yang diunggahnya. (kabarcepat.com)

Saling berbagi

PinIt

Tinggalkan Balasan