Badan Ketahanan Pangan Kunjungi Kebun Kakao di Aceh Tenggara

ROMBONGAN silaturrahmi dari Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pemerintah Aceh dengan jajaran Pemerintah Aceh Tenggara, Minggu (23/12) di undang kerumah Kepala BKP-Luh Aceh Drs Hasanuddin Darjo MM.

Sambil menikmati hidangan nasi goreng berlauk ayam, dan nasi gurih serta nasi putih, kopi dan teh, di pekarangan rumah yang di hiasi dengan tanaman pokok kakao, dengan warna buah yang bervariasi, karena pada umumnya kakao Pak Drs. Hasanuddin Darjo. MM sudah di lakukan sambung samping.

Setelah semua peserta bersila di kursi, Kepala BKP-Luh Aceh bangun menyampaikan beberapa keinginannya dalam membangun Aceh, antara lain untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal , Aceh harus mampu menjadi provider (penyedia), bukan sebaliknya memasuk dari luar Aceh, seperti buah nenas kedepan di harapakan tidak lagi di import dari luar Aceh.

Dalam kesempatan yang sama beliau turut menyampaikan salam Bapak Gubernur Aceh Dr. Zaini Abdullah (Doto) dan wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf (Mualem) sekaligus menyammpaikan pesan penting Gubernur Aceh dalam setiap pertemuan, sambutan dan arahan ”Pintarkan rakyat Aceh, Sehatkan rakyat Aceh, sejahterakan rakyat Aceh”.

Camat Pulo Aceh Drs. Thabran yang turut serta bersama rombongan, memberitau kepada seluruh peserta lainnya dari berbagai daerah yang berjumlah 32 orang, bahwa Pulo Aceh memiliki potensi Alam yang sangat menjanjikan, namun sangat di sayangkan fasilitas penginapan di sana masih belum tersedia, sehingga jika ada tamu luar yang berkunjung ke sana tidak berminat untuk berlama-lama, ini sesuatu kekurangan kami yang patut di bantu oleh semua pihak.

Drs. Hasanuddin Darjo,MM Kepala BKP-Luh Aceh menanggapi keluhan Pak Camat Pulau Aceh mengatakan pada tahun 2013 akan di rehap kantor BPP (Balai Pelatihan Pertanian) Pulo Aceh sekaligus di lengkapi dengan tempat tidur, bibit kakao 1500 yang akan di datangkan langsung dari Jember.

Begitu acara makan pagi usai, rombongan bergerak menuju klinik kakao (DCC) 5 orang dari anggota rombongan di perkenan untuk menanam coklat percontohan, atntaranya adalah Tarrmizi Age (Mukarram) Pembina Lembaga ACD, Drs Hasanuddin Darjo, MM Kepala BKP-Luh Aceh dan lainnya.

Rombongan melanjutkan perjalanan untuk menijau beberapa kebun kakao antaranya yang terletak di Desa Lawe Pinis Kecamatan Darul Hasanah kabupaten Aceh Tenggara. Pemilik kebun M. Yani memberitau Drh. Ahdar, MP (Kepala UPTB. BDP) Aceh bahwa kebun ini sudah berusia 14 tahun dengan luas 0,5 hektar, namun hasilnya dapat menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anaknya, agar tanaman kakao M. Yani lebih produktif ia melakukan sambung samping, dari hasil sambung samping di lokasi tersebut mencapai 50 buah kakao perbatang, ini suatu pencapaian yang sangat mebanggakan.

Menjelang berakhirnya kunjungan Bapak Drs. Hasanuddin Darjo, MM Kepala BKP-Luh Aceh menyerahkan kenang-kenangan berupa sebuah bingkai informasi budi daya kakao kepada M. Yani.

Rombongan Badan ketahanan pangan dan peyuluhan Aceh selalunya di dampingi oleh Ir. Fakhri Kepala badan pelaksana penyuluhan tanaman pangan kabupaten Aceh Tenggara, (Tarmizi Age)

Saling berbagi

PinIt

Tinggalkan Balasan