Leumang, Makanan Tradisional Rumpun Melayu Kuno

Lemang atau dalam bahasa Aceh dikenal dengan Leumang merupakan salah satu makanan (peunajoh) rumpun Melayu tradisional yang terbuat dari beras ketan dan santan dan dimasak dengan buluh bambu berlubang dilapisi dengan daun pisang untuk mencegah beras menempel ke bambu.

Metode memasak menggunakan wadah bambu ini sangat populer, tidak hanya dikenal di daerah Aceh melainkan juga Suku Dayak Iban yang berada di Kalimantan. Biasanya dipersiapkan untuk perayaan seperti pesta panen pada Hari Gawai. Lemang biasanya dimakan dengan lauk daging seperti kari ayam. Proses memasak digunakan dalam pembuatan lemang, juga dikenal sebagai “pansoh/pansuh”.

Lemang ini populer di Indonesia, Malaysia, terutama masyarakat di Aceh, Minangkabau dan masyarakat Iban di Kalimantan. Sementara untuk orang Manado, biasanya lemang dibuat dengan menggunakan metode tapai. Lemang sekarang dapat ditemukan di seluruh Indonesia karena penyebaran orang Minangkabau di seluruh negeri.

Lemang di antara masyarakat Melayu pada umumnya biasa dimakan untuk menandai akhir dari bulan puasa atau diacara maulid. (afi/mokase)

Lemang

Lemang

Saling berbagi

PinIt
ads blogstockphoto

Tinggalkan Balasan