Hatta Radjasa Cari Wirausahawan Muda dari Aceh sampai Papua

Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, saat ini berusaha menggenjot peningkatan semangat wirausaha di kalangan generasi muda.

Untuk itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, saat ini meluncurkan Program Wirausaha Mapan. Hatta saat ini tengah menyeleksi calon wirausahawan di sebelas kota, yakni, Makassar, Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Aceh, dan Jayapura.

Mereka yang lolos tahap seleksi, akan mendapatkan mentoring bisnis dalam empat sesi pertemuan di enam kota, Makassar, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“Selain itu, juga mendapatkan tambahan modal bagi grup yang berhasil membuka usaha baru dan stabil,” ujar Hatta, dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/4).

Hatta mengatakan, jumlah generasi yang sangat besar yang dimiliki Indonesia harus dioptimalkan. Pasalnya, jika mereka menganggur tak diberdayakan justru bisa berbalik arah dan mengancam perekonomian negara. “Kalau generasi muda yang jumlahnya besar menganggur, bahaya bagi perekonomian bangsa ini,” kata Hatta.

Dalam waktu dekat ini, program Mapan di Makassar akan digelar 12 Mei 2012. Peserta program ini nantinya akan diminta membuat proposal atau dalam bentuk business plan. Berdasakan proposal itulah, akan dilakukan penilaian untuk tindak lanjut atau start up company (memulai) usaha. Selanjutnya, para peserta akan dilakukan ekshibisi di Jakarta.

Program pelatihan kewirausahaan ini ditujukan untuk masyarakat usia 17-25 tahun. “Tujuannya untuk mencari entrepreneur muda yang mau dan gigih mengubah nasibnya, serta menciptakan lapangan kerja baru,” kata Hatta.

Program Mapan ini, menyasar kalangan muda yang berpotensi menjadi wirausahawan. Untuk tahap awal ditargetkan sebanyak 11 ribu wirausaha muda akan lahir dan ikut membangun perekonomian negara. (ujungpandangekspres)

Saling berbagi

PinIt

One thought on “Hatta Radjasa Cari Wirausahawan Muda dari Aceh sampai Papua

Tinggalkan Balasan

Top