Inilah Gambar-gambar Hoax Pembantaian Muslim di Myanmar

Jakarta — Belakangan ini hampir sejumlah jejaring sosial banyak kita temukan foto-foto pembantaian muslim-muslim di Myanmar atau dikenal dengan muslim Rohingya.

Namun, sayangnya beberapa foto tersebut beredar tanpa jelas asal usulnya. Tidak jarang netizen telah melepaskan etika saat berbagi (share) informasi, sehingga bisa berakibat fatal jadinya.

Padahal ada baiknya sebelum menerima sebuah berita kita harus melakukan pengecekan terhadap berita tersebut, apakah benar adanya atau tidak, apalagi jika kabar tersebut hanya dari mulut ke mulut atau situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan broadcast messaage atau BBM yang disampaikan secara berantai.

Belakangan ini ada banyak beredar foto mengenai perkembangan kasus kerusuhan antara umat muslim Rohingya dan umat Buddhist yang ada di Burma (Myanmar).

Pembantaian dan diskriminasi Muslim di Myanmar memang benar ada, tapi tahukah anda bahwa tidak semua foto tersebut benar, ada beberapa foto yang ternyata hanyalah ulah orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin memperkeruh keadaan.

Berikut ini adalah beberapa gambar yang pernah dan sering beredar seperti yang SeputarAceh.com kutip dari Fimadani yang setelah diselidiki,  ternyata merupakan foto-foto atau gambar kebohongan (hoax):

Foto di atas bukanlah foto pembunuhan, justru sebaliknya foto tersebut adalah foto situasi ketika umat Buddhist di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina. (Sumber: Tibetan Community | Tibet Times)


Foto ini termasuk yang paling populer beredar dan banyak yang percaya, bahkan musisi terkenal seperti Maher Zain percaya dan ikut-ikutan menyebarkan foto ini.

Ini sebenarnya adalah foto dari perkembangan kasus Pattani di Thailand Selatan pada Oktober 2004. Foto tersebut bukan foto mayat, tapi foto para demonstran muslim yang ditangkap karena dianggap memperkeruh konflik yang ada di sana setelah sebelumnya memang ada ketegangan antara muslim dengan umat buddhist. (Sumber: The Telegraph | SMH Portal)


Sama seperti pada gambar 2, kumpulan foto ini juga sebenarnya adalah bagian dari penangkapan terhadap orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan di Thailand Selatan. (Sumber: People’s Daily | Frontline)


Banyak komentar yang ada pada Facebook tersebut, disana dikatakan bahwa itu adalah foto muslim yang dibakar di Burma, dan lihat bagaimana orang dengan mudahnya percaya dan terprovokasi. Padahal jika diperhatikan dengan lebih teliti, bagaimana mungkin orang dibakar dan ada 3 orang juru kamera lain mengambil gambar tersebut dengan santainya.

Foto tersebut sebenarnya adalah foto aktivis Tibet (bernama Jamphel Yesh) yang melakukan demonstrasi saat kedatangan Presiden Cina ke India. Aktivis tersebut adalah imigran yang mencari suaka ke India, dan melakukan aksi bakar diri ketika mengetahui Presisden Cina (saat itu yang menjabat adalah Hu Jintao) akan datang berkunjung. (Sumber: International Bussines Time | The Guardian)


Foto ini bukanlah gambar pertikaian apalagi pembantaian umat muslim yang dilakukan oleh bikhu, melainkan foto demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Burma terhadap pemerintah atas sulitnya biaya hidup terutama karena kenaikan harga BBM di negara tersebut pada tahun 2007. (Sumber: Ahrchk | My Sinchew)

Lakukan Pengecekan

Berita-berita yang baik adalah berita yang bersumber dari portal berita terpercaya. Memang tidak semua portal berita bebas dari kepentingan tapi kita juga bisa menilai mana yang netral dan tidak, dan mana yang memiliki reputasi baik dan tidak.

Ketika anda melihat sebuah foto yang bisa anda lakukan adalah mengecek apakah ada foto yang sama beredar di Internet, kemudian lihat sumbernya apakah kredibel dan netral atau tidak, dan lihat juga kapan foto tersebut diindeks oleh Google. Ketika anda hanya menemukan gambar yang sama di blog atau di Facebook maka anda bisa meragukannya, dan ketika melihat tanggal terindeks maka tanggal yang lebih dulu lah yang dapat dipercaya kebenarannya.

Berikut adalah cara melakukan pengecekan gambar di Google Images:

  • Masuk ke situs pencarian gambar seperti Google Images
  • Pada kotak pengisian kata kunci ada icon bergambar kamera, klik icon tersebut maka akan muncul pilihan untuk mengisikan URL gambar atau menguploadnya.
  • Masukan URL gambar atau upload gambar yang ingin dicek, tekan enter maka Google akan menampilkan gambar dengan pola yang mirip atau sama persis beserta keterangannya.

Membela sesama muslim itu memang penting tapi membela dengan kebohongan yang berujung pada kerusuhan yang tidak berujung juga bukanlah hal yang baik.

Sekali lagi, pembantaian dan diskriminasi Muslim di Myanmar memang benar ada, yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa foto yang ternyata hanya ulah orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin memperkeruh keadaan. (fimadani.com)

Saling berbagi

PinIt

23 thoughts on “Inilah Gambar-gambar Hoax Pembantaian Muslim di Myanmar

  1. ain

    Mana foto yg benar jika smua ini foto hoax???
    memang ada beberapa golongan yg gampang skali terprovokasi, maka hemat saya jika anda termasuk yg merasa netral , tampilkan keadaan yg sebenarnya saat ini.
    terlepas itu konflik agama atau etnis, yg nyata terjadi adalah terjadi pembunuhan disana terhadap sesama manusia, smoga Allah membuka mata hati kita untuk menolong sesama tanpa sibuk berdebat tentang agama , etnis , dan sebagainya.
    menolong tidak hanya dalam bentuk ikut berkonflik, bukan? :)

    Reply
  2. Agus Cipto Wira Satya

    Mudah – mudahan semuanya itu benar dan tidak nyata, karena kalau nyata. Maka akan menyakiti hati umat muslim. Jikalau pun benar, semoga orang – orang yang melakukannya di laknat Allah SWT. Aminnnn

    Reply
  3. Mario

    Setahu saya Budha dan pengikutnya adalah para pecinta damai, kasih sayang dan rendah hati (itu yang saya dengar dan lihat dari prilaku teman etnis tionghoa yang beragama Budha).

    Tapi jika benar Pemerintah dan Biksu Burma bertindak sedemikian, maka Laknatullah akan mendatangi mereka cepat atau lambat.

    Kita sebagai manusia saja sangat terluka dan berdo’a kepada Allah SWT untuk membalaskan sakit hati kita jika ada anggota keluarga atau anak2 kita di zalimi oleh manusia lain, apalagi Allah SWT yang Menciptakan Umat Muslim Rohingya Burma…..pasti Dia tidak memejamkan mataNya karena ulah keji tersebut. Amin.

    Semoga kaum Muslimin dan Muslimat di Burma tabah dengan perlakuan yang mereka terima, dan sabar serta tawakal kepada Allah SWT yang Menciptakan mereka disana. Sahid untuk yang sudah terbantai dan meninggal, Jihad untuk yang masih hidup…dan mendapat kekuatan dari Allah SWT dan bnatuan dari Para MalaikatNya.

    Reply
  4. ina

    anak gag ada otakk..apa salah umat islam segitu bncinya xan sama umat islam.. ketahuilah . kami selalu berdoa supaya xan dapat balasan yg sangat parah lebih dari itu , dan tiada ampun .. lihat .. allah akan mengutuk xan yg membakar rumahNYA..
    BIADAPP

    Reply
  5. naijan

    Artikel diatas memang benar. Sebagian gambar ttg kasus di Patani. Saya cukup hafal dgn gambar itu. Itu gambar peristiwa TAK BAI. Di Patani waktu kejadian itu juga yang meninggal dibunuh tentara Thailand jumlahnya ratusan juga.
    Yah sama saja, Thailand dan Mianmar sama kejamnya kok.
    saya pernah berkunjung kesana tahun 1991.

    Semoga Allah melindungi Umat Islam minoritas di Mianmar, Thailand, Philipina, dan dibelakan bumi lainnya.. amin..

    Reply
  6. nurhalimah

    sbnarnya slah umat islam thu apa?knapa org yg bkan bragama islam bgtu mdah utk mlakukn hal skjam thu..trhadap umat kmi,klu mmg yg bkan bragama islam bnci trhdap agama kmi,blang dmana ltak nya bnci nya dgan agama kmi,

    Reply
  7. wawanhermawan (Nadzir)

    saudara dan saudari sekalian…, yg terpenting bagi kita adalah 1. berdo’a dan berusaha menolongnya semampu yg kita bisa.
    semoga Allooh menolong kaum muslimin di burma dan menghancurkan makar orang2 kafir di myanmar kususnya Rohinya. semoga Allooh selalu menolong dan menguatkan pasukan mujahidin kapan dan dimanapun mereka berada.
    2. Mempersiapkan diri kita dengan kemampuan berperang sebagaimana perintah Alloh dan Rosul-Nya. sehingga manakala musuh datang kita sudah siap menghadapi mereka.

    Reply
  8. Ridho Aas

    semoga kekejaman mereka menjadikan suatu kenikmatan bagi yang di kejaminya dan semoga arwah mereka langsung ke sorga.. juga pelaku kekekjaman mendapatkan ganjaran kini di dunia dan kelak di akhirat.. amin………………. mari kita bersatu dengan segala kekuatan dan jangan lupa berqunut nazilah….. dan hindarkan saling menyalahkan… tapi kesatuan harus di letakan paling depan.. demi mencari ridho alloh swt… allohu akbar.. allohu akbar.. allohu akbar… !

    Reply
  9. yusmadi yues

    kalau betul cara2gn kok umat islam masih diam bukan kah…kita tolong jg diam n bisu bantu muslim dsn ayo kita jihat smg allah swt slalu bersama kita amin…aceh siap kan pprang jihat saya mau juga kamu2 apa lg amien….

    Reply
  10. akhdan

    bersatulah umat islam,..karna saudara kita di bantai di myanmar,..kalau islam lebih banyak agama lain yg minoritas aman bersama dgn muslim…tapi jika muslim yg minoritas pasti teraniyaya…..wahai saudara ku umat muslim bersatulah….

    Reply
  11. kankhay

    Memang Ada beberapa foto yang tidak benar…
    dan ada juga kalangan yang memfublisnya…
    tapi,, pembantaian biksu budha dan rakyat myanmar dengan dibantu pemerintah junta militer myanmar.. adalah fakta yang tak terbantahkan……ini genosida. pembantaian atas nama agama bukan tragedi kemanusiaan….. pengusiran kaum muslim dari bumi myanmar.. jadi pembantaian ini adalah sikap negara myanmar sekali lagi pemerintah myanmar terhadap rakyatnya sendiri yang beragama islam…
    Saudara2ku kaum muslim. ingatlah ini disebabkan oleh jauhnya kita kepada islam. Hidup kita, masyarakat kita bahkan negara tidak lagi diatur dengan islam (Alqur’an dan sunnah)…Andaikan hari ini ada umat islam didunia memiliki satu pemimpin umat islam (KHilafah), maka jangankan 20 ribu kaum muslim dibantai 1 orang saja dibunuh, maka sungguh dunia dan isinya tidak akan ada artinya dibandingkan 1 nyawa umat islam, kita akan memiliki 16 juta militer. yang siap dikirimkan menumpas kejahatan pemerintah myanmar. mereka akan terbirit birit.
    lihatlah bagaimana rasul membela nasib wanita muslimah yang ditarik kerudungnya oleh orang yahudi..apa yang dikirim rasul….pasukan… yang menumpas kaum yahudi…
    sekarang…. kita berharap pada pemerintah kita.. paling banter kutukan keras…mendorong ASEAN…ini sekedar asal tidak dikatakan “jangan tidak”..
    ketahuilah penguasa negeri ini jika sikap ini yang ada tampakkan… nanti Allah yang akan menghukum Anda…karena ada hanya mengutuk…
    ALLAHUAKBAR”marilah pemerintah indonesia kirimkan pasukan militer” sungguh sikap ada akan membanggakan kami dan dilipat gandakan amalan anda pada bulan ramadhan..

    Reply
  12. Poetra

    Sumber-sumber di sejumlah lembaga kemanusiaan melaporkan bahwa lebih
    dari 20 ribu warga muslim Rohingya gugur oleh serangan kelompok-kelompok
    ‘teroris’ Budha yang didukung oleh junta militer Myanmar, sejak
    kerusuhan meledak pada Juni 2012 lalu.
    Penduduk muslim Rohingnya saat ini mengalami pembersihan etnis oleh
    kelompok-kelompok ekstrimis Budha yang merupakan warga mayoritas di
    Myanmar.
    Penasehat Umum Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Sayid Al-Mishri
    dalam wawancara dengan situs Arab, Skynews, pada Ahad (15/7/2012)
    melaporkan bahwa kaum muslimin Rohingya mengalami ancaman pembantaian
    yang sangat keji.
    Sayid Al-Mishri mengungkapkan bahwa OKI telah berusaha sekuat tenaga
    untuk mengirimkan utusan kemanusiaan ke Rohingya, namun junta militer
    Myanmar yang saat ini berkuasa dan pemerintah Myanmar periode sebelumnya
    tidak mengizinkan kedatangan utusan kemanusiaan itu.
    Lebih lanjut Al-Mishri mengungkapkan bahwa OKI telah menjalin
    komunikasi dengan PBB dan sejumlah lembaga internasional lainnya untuk
    menekan junta militer Myanmar. Tanpa tekanan dunia internasional,
    lembaga-lembaga kemanusiaan kesulitan memberikan bantuan kepada kaum
    muslimin Rohingya yang dibantai di Myanmar.
    Sementara itu Mentri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), syaikh
    Abdullah bin Zaid Ali Nahyan dalam pembicaraan via telepon dengan
    Sekretaris Jendral Organisasi Kerjasama Islam, Akmaludin Ihsan Oghlo,
    mengungkapkan UEA mendukung usaha OKI yang mengajak lembaga-lembaga
    internasional untuk melindungi kaum muslimin Rohingya dari aksi
    serangan, pembantaian, dan pengusiran oleh kelompok-kelompok ekstrimis
    Budha dukungan junta militer Myanmar.

    Reply
  13. halilintar

    terkadang, seseorg yg anti islam akan dg mudah bilang gambar asli dg kata Hoax, begitu pula dg para tokoh yg mengatakan bukan suatu hal. Padahal mereka adalah kepetingan pihak terselubung.
    Faktanya, di myanmar adalah pembantaian Ummat Islam!

    Reply
  14. adebundaisa

    untuk yang gambar 1, dikatakan bahwa itu merupakan koban gempa tapi kok seluruh korban gak mengenakan pakaian lengkap?

    Reply
  15. Mr.Nunusaku

    INI cara penipuan islam membuat teror didunia ini, dan benar bahwa islam sifatnya seperti setan karena mengikuti nabin setan Muhammad…melakukan kebencian dan pembunuhan untuk dapat menyenangkan hati Allah swt dan rasul Muhammad yang sudah terkubur

    Reply
  16. raditya aulia

    seharusnya yg mesti kt buat adlh buat senjata nuklir kirim ke negara myanmar berkawasan yg mayoritas budhist,skrang mari lh kta bersama mencari n gapai ilmu it sehingga setiap drah umat islam agr merasa di segani n di takuti!ALLAHUAKBAR 1000x

    Reply
  17. Tun abdul najib

    Buat sodara yang adebundaisa terhormat.

    jubah seperti gambar diatas kalo gak salah itu adalah sekte nyingma.
    dan nyingma adalah salah satu dari beberapa sub sekte dari mazab vajrayana di tibet.

    saya rasa salah kalo gara2 konflik di myanmar kita ikut panas sendiri.
    seharusnya kita tidak boleh panas karena suasana disana sudah panas.
    semestinya kita harus bisa berfikir dengan kepala dingin dan mencari jalan keluar/solusi terbaik untuk menyelesaikan konflik,bukanya malah ribut sendiri mau ikut2tan konflik.atau jangan2 anda semua pecinta konflik ya?

    kalau tidak seharusnya kita cari solusinya yang terbaik bagaimana supaya konflik tersebut berhenti supaya tidak semakin bertambah korbannya baik dari kelopok a,b,c dan d.

    damai itu lebih enak lo jadi ngapain konflik…..!

    emangnya mau jadi jagoan apa ?

    sekarang udah gak jaman lagi jadi jagoan.!

    sekarang jamannya untuk damai demi keamanan dan ketenangan bersama.

    ok .

    Reply
  18. nur shimah

    ya ALLAH… lndungilh mreka… smoga mreka d tmptkn di tmpt org2 yg briman… AMIN… YA ALLAH… bantulh mreka… tunjukkan lh azab mu kpd org2 yg x brprikemanusiaan… ini … ya ALLAH… :'(

    Reply
  19. Cah no giri

    Sy amat yaqin, bhw agama/kepercayaan apapun tdk ada yg mengajarkan kebencian thd sesama, jika itu terjadi disalah satu penganutnya krn pikiran seseorang yg dituangkan dlm penyampaian kpd umat, mengutip satu ayat tertentu dijadikan sbg dasar pembenaran. Mari kita tengadah keatas, apakah Tuhan Allah serta merta membantai umatnya yg selalu tdk taat pd ajaranya ? Setiakah kita pd Tuhan, tdk berbuat dosakah kita tiap hari, jika Allah murka manusia sdh habis. Tetapi Allah selalu memberi ampunan spy umat dpt mencari yg terbaik,sll ada kesempatan. Nah klu semua sadar akan hal itu, maka kita akan menyadari bahwa manusia itu ciptaan-Nya, akal dan budi hendaknya digunakan utk dpt berfikir jernih, mencari kebaikan Tuhan tdk harus memaksakan kehendak, Tuhan banyak memberi jalan, bukan agama tertentu saja yg paling benar, melalui utusanya Tuhan sll memberi petunjuk-Nya, tinggal kita mencerna maunpilih yg mana, jika ini dpt dilaksanakan sesuai petunjuk-Nya, haqul yaqin dunia akan damai sejahtera, bukan nafsu yg bicara ttp hati nurani. Semoga apa yg tergambar di foto2 tersebut bukan yg sebenarnya, mari kita doakan mrk semoga penyebar fitah, serta perbuatan tercela, kekerasan dlll, diberikan kesadaran utk kembali ke jln yg benar, amin.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Top